Add atau Follow ya!

Premium WordPress Themes

Rabu, 05 Januari 2011

Pengenalan HTML

Hyper Text Markup Language atau yang biasa disingkat menjadi HTML. Dokumen HTML (web page) merupakan file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini disajikan pada web browser surfer. Dokumen ini umumnya juga berisi informasi atau interface aplikasi di internet. Terdapat 2 cara untuk membuat sebuah web page yakni dengan HTML editor atau dengan editor teks biasa seperti notepad.

Kemudian apa yang dimaksud dengan tag dalam HTML ? tag digunakan sebagai penanda berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag HTML terdiri atas sebuah kurung sudut kiri / tanda lebih kecil (<), nama tag, serta sebuah kurung sudut kanan / tanda lebih besar (>). Pada umumnya tag berpasangan, contohnya dengan . Sebuah nama elemen ditunjukkan dengan nama tagnya. Suatu elemen pada dokumen HTML harus ditandai dengan penulisan tagnya yang berpasangan. Namun ada juga beberapa elemen yang tidak mengharuskan tagnya dituliskan secara berpasangan. Dua diantaranya adalah paragraf dengan tagdan list item dengan tag


Lalu elemen apakah yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML ? elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML adalah dinyatakan dengan tag , , dan beserta tag-tag pasangannya. Setiap dokumen terdiri dari tag head dan body. Elemen head berisi informasi tentang dokumen tersebut sedangkan elemen body berisi teks yang sebenarnya tersusun atas link, grafik, paragraf, dan elemen lain. Setiap dokumen html harus diawali dengan tag dan , tag ini menandai bahwa dokumen ini merupakan dokumen html. Hanya ada 1 elemen html dalam sebuah dokumen.

SUMBER: Buku “Pemrograman WEB dengan HTML Disertai lebih dari 200 contoh program beserta tampilan grafisnya”
Penyusun : Betha Sidik, Ir. dan Husni Iskandar Pohan, Ir., M. Eng.
Penerbit : Informatika Bandung

0 komentar:

Posting Komentar